Bayern Munich Juara Piala Super Jerman 2017 Melalui Drama Adu Penalti

Bolacup.com – DFL-Supercup 2017 mempertemukan Borussia Dortmund dengan Bayern Munchen di Signal Iduna Park, Minggu (06/8). Dortmund berstatus juara DFB-Pokal 2016/17, sedangkan Bayern merupakan kampiun Bundesliga musim yang sama. Skor imbang 2-2 sepanjang waktu normal, Bayern menang adu penalti 5-4.

Dortmund yang praktis bermain menunggu, justru bisa unggul lebih dulu. Pada menit ke-12, Christian Pulisic merobek gawang Sven Ulreich.

Berawal dari tendangan bebas Bayern, kesalahan dilakukan Javi Martinez saat mendapat operan Arturo Vidal. Kontrol buruk membuat bola dicuri Pulisic yang langsung menggiringnya ke depan. Tanpa kesulitan, ia menaklukkan Ulreich dengan menyontek bola ke tiang jauh.

Tertinggal membuat Bayern tersentak. Skema terbuka coba mereka peragakan memanfaatkan kecepatan Ribery dan Lewandowski.

Di menit ke-18, gol penyeimbang bisa didapat Bayern. Robert Lewandowski merobek gawang Roman Buerki setelah mendapat umpan manis Joshua Kimmich, yang sebelumnya lolos dari perangkap offside. Sempat dicek dengan Video Assistant Referee (VAR), gol Lewandowski tetap disahkan.

Di sisa waktu babak pertama, Bayern praktis mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa kali Die Roten bisa mendapat peluang untuk menggandakan kedudukan. Namun hingga jeda, skor 1-1 tetap bertahan.

Baca Juga >>> Owen Sebut Lini Serang Liverpool Tampak Menjanjikan Dengan Adanya Salah

Di babak kedua, Bayern mesti kehilangan Martinez dan Thomas Mueller yang mengalami cedera. Dortmund memanfaatkannya dengan bisa lebih banyak memberikan tekanan.

Pada menit ke-71, Dortmund pun kembali unggul lewat Pierre Emerick-Aubameyang. Striker asal Gabon itu lolos jebakan offside saat menerima umpan terobosan Ousmane Dembele. Tanpa pengawalan ia berlari mendekati gawang dan menaklukkan Ulreich dengan sontekan lob. Dortmund memimpin 2-1.

Saat laga memasuki menit-menit akhir, Bayern menyamakan kedudukan. Di menit ke-89, tendangan bebas Sebastian Rudy menghadirkan kemelut di mulut gawang Dortmund. Kimmich lantas menendang bola yang membentur Lukas Piszczek sebelum akhirnya masuk ke gawang Buerki. Skor menjadi 2-2.

Pemenang pun mesti ditentukan lewat adu penalti. Di babak itu, Bayern keluar sebagai pemenang 5-4. Dari enam penendang, Bayern cuma sekali gagal memasukkan bola ketika sepakan Kimmich ditepis. Sementara Dortmund dua penendangnya gagal yaitu Sebastian Rode dan Marc Bartra.

Bayern pun juara Piala Super Jerman 2017/2018. Ini gelar kelima beruntun Bayern sejak 2013, sebaliknya Dortmund menjadi runner up untuk keempat kalinya dalam periode yang sama.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY